Home » Kolom SMILOKUI » SATRIYA WARTA

SATRIYA WARTA

MASIH adakah ”satria” sekarang ini? Itu pertanyaan Jon Lebay. Tidak mudah menjawabnya. Karena itu, dia saya sodori saja KBBI versi daringnya. Kata itu sudah tak ada. Yang ada itu ”kesatria”, artinya (1) orang (prajurit, perwira) yang gagah berani; pemberani; (2) kasta kedua dalam masyarakat Hindu; kasta bangsawan atau kasta prajurit. Saya tidak tahu mulai kapan ”satria” dijadikan ”kesatria” dalam kamus, tapi dalam keseharian, orang masih memakai keduanya untuk makna yang sama.
”Saya sedang tidak belajar bahasa, Bro,” ujar Jon ketus, ”Tapi bolehlah kita bahas maknanya yang pertama. Kalau makna yang kedua, aku tak akan membahasnya denganmu. Aku tahu kau tak paham sistem kasta dalam Hindu. Bisa-bisa malah salah tafsir. Kita catat, Bro, pemberani, masih adakah yang layak disebut ‘satria’?”
Meskipun Jon itu teman ngobrol yang mengasyikkan, tapi kalau pertanyaannya seserius itu, saya gamang juga. Simalakama: menjawab belum tentu benar, tidak menjawab nanti dianggap bodoh. Lagi pula, kenapa juga sih dia membahas mengenai ”satria”? Pasti dia sedang ikut-ikutan memikirkan ”Satriya Piningit” dan jenis-jenis satriya lain yang selalu muncul dalam wacana publik menjelang suksesi kepemimpinan.
Untuk tak mengecewakan Jon, saya menjawab, ”Jon, kalau sekarang ini, saya tak tahu ada yang pantas disebut ‘satria’ atau tidak. Tapi aku kenal beberapa. Ada Satria Bergitar. Hebat kesatria yang ini. Gitarnya aja bisa untuk nembak, lo. Naik kuda putih, pakai ubel-ubel hitam, namanya….”
”Sudah, aku sudah tahu siapa dia. Yang lain?”
”Kamu benci pada Rhoma Irama?”
Jon tak menjawab.
”Halah, benci orangnya kok suka nyanyi ‘Malam ini, malam tera-….”
”Stop! Satria lainnya?”
”Yang ini juga pasti sudah kenal. Malah kau suka sama yang bernama Lasmini, kan? Namanya Brama Kumbara si Satria Madangkara. Lalu Kotaro Minami yang jadi Satria Baja Hitam.”
Jon ngakak. ”Itu kan julukan untukmu, Bro.”
”Jon, tolong tidak membuka rahasia, tidak enak kalau nanti banyak yang mengira aku ini superhero.”
”Superhero apanya, wong julukan itu muncul lantaran kulit eksotismu itu, kok.”
”Betapapun julukan itu untuk meledek atau bahkan mengejek, tolong tidak perlu dibesar-besarkan. Kalau orang menganggap aku dizalimi, nanti banyak yang simpati, ujung-ujungnya ada yang minta aku jadi calon wakil presiden….”
”Gayamu! Kembali ke soal awal, ada ‘satria’ lainnya tidak?”
”Ada. Merek sepeda motor. Oya, ada lagi dan pasti kamu suka. Dia seksi, suaranya pun seksi habis. Namanya Nicky Satria. Hahaha….”
”Huh! Kamu tidak serius, padahal ini persoalan serius.”
Saya diam sebab saya tahu itu saat buat Jon Lebay ”naik podium”.

***

JON kesal setiap kali muncul wacana mengenai Satriya Piningit menjelang suksesi kepemimpinan, khususnya presiden. Selalu muncul nama-nama yang dianggap sebagai kesatria pilihan yang bakal menjadi pemimpin tetapi masih disembunyikan alias dipingit. Paranormal sekaligus politikus Permadi bahkan mengklaim setidak-tidaknya sekitar 400 orang telah datang padanya dan menyatakan dirinya sebagai Satriya Piningit.
”Kesatria terpingit, tersembunyi kok muncul memproklamasikan diri. Itu namanya Satriya Pariwara. Kayak pasang iklan, kan?”
Satriya Pariwara? O-oh, Jon ternyata pintar juga bikin istilah baru. Sayang sekali istilah itu tak ada dalam tujuh jenis kesatria yang disebut di dalam ramalan R Ng Ranggawarsita. Ketujuh kesatria itu adalah: Satriya Kinunjara Murwa Kuncara, Satriya Mukti Wibawa Kesandung Kesampar, Satriya Jinumput Sumela Atur, Satriya Lelana Tapa Ngrame, Satriya Piningit Hamong Tuwuh, Satriya Boyong Pambukaning Gapura, dan Satriya Pinandhita Sinisihan Wahyu.
Dari tujuh jenis itu, tiga di antaranya sering dibicarakan yaitu Satriya Kinunjara Murwa Kuncara (Soekarno), Satriya Wibawa Kesandung Kesampar (Soeharto), dan Satriya Piningit Hamong Tuwuh yang sejak Pak Harto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998 selalu disebut-sebut bakal muncul tapi mungkin lantaran memang harus dipingit, ya tidak keluar-keluar, kan?
”Sekarang ini ada yang menyebut-nyebut Jokowi itu Satriya Piningit yang bakal terpilih jadi pemimpin,” tambah Jon lagi. ”Kalau begitu, yang blusukan dan selalu diberitakan media massa itu siapa? Mana bisa orang dipingit kok muncul terus? Dengar ya, Bro, dia itu lebih pas disebut Satriya Warta, media darling.”
Haha, bikin istilah lagi dia. ”Jon, jangan-jangan itu karena kamu tidak suka Jokowi. Kalau tidak suka Jokowi, berarti kamu pendukung Prabowo dong?”
Jon meledak marah. ”Ini dia cara berpikir ngawur sengawur-ngawurnya. Kalau aku tidak suka kucing berarti aku suka anjing. Begitu?”
”Jon, sabar…. Kalau tidak sabaran, nanti kau dijuluki Satriya Berangasan, lo. Itu bahaya buatmu kalau ingin jadi pemimpin. Nanti kalau ada bawahan keliru sedikit saja, kau akan main tangan, main kaki, main pecat, mungkin juga main culik. Sabar ya, Jon.”
Biarin!” (*)

Kolom Smilokui, Suara Merdeka, 18 Mei 2014


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pemungut Kata dari Udara

Tuit-Tuit

  • #Cerita196:CINTA-32. Manon pulang, Eva lelap. Angin santer lewat jendela. Manon merapatkan selimut dan cium keningnya, dan menutup jendela.i 1 year ago
  • #Cerita195:GENDUT. "Rekening Arya tambah gendut. Kau juga, perutmu! Meski begitu, buatku kau tetap six-pack," ujar Eva. Manon hanya ngakak. 1 year ago
  • #Cerita194:PIKIRAN. Di dalam pikiran Manon, Eva itu Putri jelita. Bahkan wajah kusut Eva seusai bangun tidur tampak begitu menawan. 1 year ago
  • #Cerita193:GERIMIS. Manon senang senang duduk di balkon saat gerimis belum menjadi hujan. Eva tak pernah alpa menyeduhkan teh untuknya. 1 year ago
  • #Cerita192:PANIK. Ada berita pesawat jatuh. Eva panik dan menelepon Manon. "Kamu tidak di pesawat, kan?" "Aku di kamar, sayang." 1 year ago

Pilih-Pilih

%d bloggers like this: