Home » Kolom SMILOKUI » KAWIN-CERAI

KAWIN-CERAI

”Kami ini seperti mentega dan roti. Kami cocok bersama. Saya tak bisa membayangkan hidup tanpa suami saya.”

Itu jawaban Sharon Rachel Levy atau lebih populer disebut Sharon Osbourne, juri X Factor dan America’s Got Talent setiap ditanya perihal hubungannya dengan sang suami, Ozzy Osbourne (dedengkot band metal Black Sabbath). Jawaban yang sering membuat para penanya geleng-geleng kepala lantaran mereka tahu, Sharon dan sang suami bukannya bak mentega dan roti melainkan air dan minyak. Berkali-kali Ozzy menyakitinya lewat banyak perselingkuhan, Sharon mandah saja, dan ”hanya” membalasnya lewat belanja gila-gilaan dengan tagihan ke rekening Ozzy. Dan bahtera perkawinan seperti itu menurut hemat khalayak hanya menunggu saat karam. Lalu seolah beroleh pembuktian, pernikahan 30 tahun mereka, kini konon diambang perceraian.

Tapi orang tak menyangka perceraian itu bakal menimpa pasangan Venna Melinda-Ivan Fadillah dan Lidya Kandou-Jamal Mirdad. Mereka adem-ayem. Lidya dan Jamal bahkan sudah membuhulkan diri dalam ikatan perkawinan selama 27 tahun. Seperti biasa, terhadap cerita artis yang mau kawin atau mau cerai, sebagian dari kita termehek-mehek memperbincangkannya, termasuk salah seorang teman saya. ”Kenapa Jamal Mirdad dan Lidya Kandou sampai hendak bercerai?” tanya dia.

Saya ingat, teman ini juga bertanya hal serupa saat Dewi Yul bercerai dengan Ray Sahetapi.

”Karena mereka menikah,” jawab saya, ”Kalau tidak menikah, muskil mereka bercerai.”

Jawaban saya sebenarnya hanya untuk menghindar dari pertanyaan lanjutan mengenai alasan yang membuat mereka hendak bercerai. Jujur saja, saya agak malas membicangkan kisah selebritas dalam percakapan sehari-hari. Lagi pula, alasan perceraian mereka sebenarnya, mana saya tahu? Hanya mereka berdua yang tahu. Saya, dan juga Anda, hanya tahu dari spekulasi-spekulasi yang ditiupkan media massa, lebih-lebih oleh infotainment. Mereka bilang: bukan lantaran KDRT, bukan lantaran orang ketiga, juga bukan karena perbedaan keyakinan. Lantaran banyak sekali ”bukan karena”, yang tersisa hanya tanda tanya alias misteri. Misteri inilah yang sering dipakai agen berita untuk mengikat sasaran berita hingga mengalami kedaluwarsa dengan sendirinya. Sebuah kasus diberitakan, berapi-api, tapi hilang dengan sendirinya. Abunya pun sering tak berjejak. Rupanya beginilah ciri zaman informasi ini: info cepat didapat, tapi bersicepat pula dialpakan. Anda catat sendiri saja deh, selama empat bulan di tahun ini, berapa kasus khususnya di panggung politik dan panggung hiburan yang telah kita lupakan?

***

UPS, saya kok jadi ikut-ikutan lupa bahwa dalam kolom ini, kali ini, sebenarnya saya mau nulis tentang perceraian artis bukan tentang sebagian besar kita, juga media massa kita, yang begitu cepat melupakan berita yang pernah ditulis dengan heboh. Kembali ke laptop, eh ke teman saya yang rupanya masih asyik ingin terus bicara soal Lidya dan Jamal seolah-olah mereka berdua itu teman atau tetangga kami. ”Artis memang gampang bercerai,” ujarnya ketus.

Waduh, apakah karena terlalu bersemangat, dia jadi gampang mengambil simpulan? Dia lupa, perceraian itu tak harus dikaitkan dengan profesi seseorang. Tukang bubur yang sudah menikah, baik yang naik haji maupun yang tak bisa naik haji, juga bisa bercerai. Presiden juga bisa bercerai seperti mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy yang saat masih menjabat menceraikan istrinya Cecilia Ciganer-Albeniz karena kepilutdengan perempuan yang lalu dia nikahi: Carla Bruni. Padahal sebelum dengan Cecilia, Sarkozy juga pernah menikah dan bercerai dengan Marie-Dominique Culioli.

Jangan-jangan bila teman saya tahu info ini, dia juga akan berteriak, ”Huh, presiden memang doyan kawin-cerai.” Dia juga lupa, artis Rima Melati dan Frans Tumbuan sampai kaken-ninen tetap bersama. Pun Titik Sandora dan Muchsin Alatas.

Namun, sebelum teman saya itu semakin ”meledak-ledak”, saya memilih berlalu. Tapi sebelum benar-benar berlalu saya bisikkan kepadanya, ”Apa reaksimu bila ternyata perceraian mereka itu tersebab hal sepele? Bagaimana bila hanya lantaran Lidya sudah kehabisan cara meminta Jamal potong rambut dan mencukur berewoknya?”

Tentu saja dia tahu saya hanya mengada-ada. Tapi saat berlalu darinya, tebersit keinginan dalam diri saya untuk menonton Ramadhan dan Ramona (1992) garapan sutradara Chaerul Umam. Itu pasti karena ketimbang menyaksikan ketegangan dan pertengkaran, saya lebih suka melihat adegan romantis seperti dalam film yang dibintangi Jamal dan Lidya itu. (*)

Kolom Smilokui Suara Merdeka, 21 April 2013


2 Comments

  1. Mason says:

    Writing posts is pain in the ass.I know how you can get unlimited articles for your blog, type in google:
    Anightund’s rewriter

  2. Aracely says:

    If you are interested in topic: earn online philippines online
    shopping – you should read about Bucksflooder first

Leave a Reply

Pemungut Kata dari Udara

Tuit-Tuit

  • #Cerita196:CINTA-32. Manon pulang, Eva lelap. Angin santer lewat jendela. Manon merapatkan selimut dan cium keningnya, dan menutup jendela.i 1 year ago
  • #Cerita195:GENDUT. "Rekening Arya tambah gendut. Kau juga, perutmu! Meski begitu, buatku kau tetap six-pack," ujar Eva. Manon hanya ngakak. 1 year ago
  • #Cerita194:PIKIRAN. Di dalam pikiran Manon, Eva itu Putri jelita. Bahkan wajah kusut Eva seusai bangun tidur tampak begitu menawan. 1 year ago
  • #Cerita193:GERIMIS. Manon senang senang duduk di balkon saat gerimis belum menjadi hujan. Eva tak pernah alpa menyeduhkan teh untuknya. 1 year ago
  • #Cerita192:PANIK. Ada berita pesawat jatuh. Eva panik dan menelepon Manon. "Kamu tidak di pesawat, kan?" "Aku di kamar, sayang." 1 year ago

Pilih-Pilih

