Home » Kolom Epilude » KEIKHLASAN

KEIKHLASAN

Melakukan sesuatu dengan ikhlas itu tidak mudah. Wajarlah, kita sering terharu setiap kali mendengar seseorang mampu berlaku ikhlas, lebih-lebih untuk sesuatu yang tidak mudah dilakukan.
Seminggu ini, setidaknya ada dua peristiwa yang memunculkan pengakuan keikhlasan tiga perempuan pesohor: Teh Ninih, Teh Rini, dan Olla Ramlan. Benar, kata para pakar agama, keikhlasan seseorang itu tak cukup hanya diucapkan lewat lisan, tapi juga harus diwujudkan dalam perbuatan dan diyakini dalam hati. Lantaran kita tak bisa menyigi kedalaman hati ketiga perempuan yang berikhlas itu, sebaiknya kita khusnudzan saja pada mereka.

Urusan kawin-cerai-rujuk itu sesuatu yang biasa. Begitu banyak orang telah melakukan hal seperti itu Tapi hubungan segitiga Aa Gym-Teh Ninih-Teh Rini yang telanjur menjadi urusan publik lantaran mereka itu para pesohor, dampaknya bisa bukan sesuatu yang biasa saja. Lebihlebih buat orang macam Aa Gym, seorang dai kondang, dan Teh Ninih yang kini juga seorang daiyah lumayan ternama, pasti punya efek psikologis buat para pengikutnya. Kita sama-sama tahu, dulu begitu Aa Gym berpoligami dengan menikahi Alfarini Eridani (Teh Rini), jumlah pengunjung yang mendatangi Ponpes Daarut Tauhid untuk mendengar tausiyah dari dai pengumandang ”Jagalah Hati” itu surut. Para pendengar itu kecewa lantaran menganggap sang dai tak bisa ”menjaga hati” untuk tidak menikahi perempuan selain istri yang sudah bertahun-tahun mendampinginya. Konon, nama sang Aa semakin redup setelah dirinya benar-benar bercerai dengan Teh Ninih, Juni 2011.
Lantas mereka menikah kembali Selasa (13/3/2012) lalu, dan cerita tentang keikhlasan disodorkan pada kita. Tentu bukan hal yang mudah buat Teh Ninih untuk mengiyakan lamaran kembali mantan suaminya itu, sebab itu artinya dia harus masuk kembali ke bahtera poligami, yang konon jadi alasan perceraian dulu. Benar, suatu luka bisa sembuh kalau kita mengupayakan penyembuhannya. Tapi menerima kembali orang yang ”pernah menyakiti” diri kita bukan sesuatu yang sederhana, bukan? Itu sebabnya keikhlasan memang mahal harganya.
Begitu juga Teh Rini. Betul, dia mungkin sudah terbiasa hidup dalam poligami. Tapi sekian bulan menjadi ”satu-satunya” istri lantas harus berperan menjadi ”salah seorang” istri dari Aa Gym, apakah hal itu mudah? Tampaknya memang mudah.
Dengar saja pernyataannya, ”Aa sama Teteh (Teh Ninih-Red) kan sama-sama ulama, jadi kan melakukan apa-apa pasti lewat istikharah. Dan pasti Aa meminta Teteh kembali sudah dengan istikharah. Saya bagian memotivasi, menyatukan dua hati yang terpisah itu kan sangat disukai dalam Islam. Ya gitu aja nggak ada yang spesial.”

***

YA, cerita mengenai keikhlasan seseorang memang membuat kita terharu, juga keikhlasan Olla Ramlan menghapus semua tato yang sekian tahun menghiasi tubuhnya. Beda dengan tato artifisial yang dengan sekali usap dengan cairan tertentu bisa hilang, menghapus tato permanen seperti milik Olla itu rempong.
”Tato di tangan kiri itu yang susah, dilaser panas banget dan sakit. Prosesnya lima minggu untuk menghilangkan. Gatal-gatal dan bengkak nih,” ujar sang artis sambil meringis.
Tapi demi Aufar, sang pacar, Olla mengaku sangat ikhlas melakukannya. ”Sebenarnya, kalau dilakukan dengan ikhlas, enggak ada beban ya. Ini permintaan calon (suami) saya, bukti sebagai orang yang ingin tampil lebih baik dan serius.” Penghapusan tato itu tak sekadar membuang jejak gambar dalam kulit tubuh. Kita juga harus membayangkan betapa dengan menghapuskannya, Olla juga tengah menghapus sebagian sejarah hidupnya yang pasti dia simpan dalam tato-tato itu. Bagaimanapun juga, kita bisa belajar keikhlasan pada Olla. Sebab, kadangkala untuk hal-hal sederhana dan murah seperti menyunggingkan senyuman untuk orang lain pun kita sering kurang ikhlas. (*)

(masih Epilude, Suara Merdeka, 18 Maret 2011)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pemungut Kata dari Udara

Tuit-Tuit

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Pilih-Pilih

%d bloggers like this: